Minggu, 22 April 2012

Sejarah Internet Eksplorer

Pengertian Internet Ekspoler


     Windows Internet Explorer (dulu dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE) adalah sebuah peramban web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasi Microsoft Windows sejak 1995. Pada mulanya, Internet Explorer dirilis sebagai bagian dari paketPlus! for Windows 95 pada saat itu.


  Internet Explorer digunakan secara luas sejak tahun 1999, meliputi 95% dari keseluruhan penggunaan peramban web selama tahun 2002 hingga tahun 2003 dengan Internet Explorer 5 dan Internet Explorer 6. Lama kelamaan, ia kehilangan pangsa pasar sejak terlibat dengan kompetisi peramban web, dan kini meliputi 55,92%. Microsoft telah menghabiskan dana hingga 100 juta dolar per tahun untuk mengembangkan Internet Explorer pada tahun 1990an, dengan 1.000 orang yang bekerja di dalamnya.
   Sejak rilis pertamanya, Microsoft telah menambahkan fitur dan teknologi seperti penampilan tabel dasar (di versi 1.5), XMLHttpRequest  (di versi 5) yang membantu pembuatan halaman web, dan Nama Domain yang Terinternasionalisasi (di versi 7) yang memungkinkan situs web yang menggunakan alamat berkarakter non-Latin (seperti karakter Kanji) diketikkan secara normal pada address bar Internet Explorer.
 Rilis stabil Internet Explorer paling baru adalah Internet Explorer 9, yang tersedia sebagai pembaharuan gratis bagi Windows 7, Windows Vista, dan Windows Server 2008.

Sejarah Singkat Internet Eksplorer
   Proyek Internet Explorer telah dimulai sejak musim panas tahun 1994 oleh Thomas Reardon  menggunakan kode sumber dari Spyglass, Inc. Mosaic, sebuah peramban web komersil baru. Di akhir 1994, Microsoft melisensikan Spyglass Mosaic. Berikut ini versi dan sejarah singkat dari Internet eksplorer.

Internet Explorer 1
   Versi pertama dari Internet Explorer ini dirilis pada 16 Agustus 1995Versi ini di Luncurkan dalam dua paket yaitu microsoft plus (add On untuk windows 95) dan paketan OEM windows 95. Kapasitas dalam versi ini sangat kecil sekali yaitu 1 megabit. Di versi pertamanya ini jika kita browsing kita hanya mem-browsing textnya saja, karna dalam versi ini tidak didkung dengan text input, gambar, suara maupun video. Lebih buruknya lagi versi ini tidak tersedia secara gratis
Tampilan Internet Eksplorer versi 1

Internet Explorer 2
   Internet Explorer 2 dirilis untuk Windows 95, Windows NT 3.5 dan Windows NT 4.0 pada 22 November 1995. Versi ini sudah dapat digunakan oleh para web developer. Karna versi ini dilengkapi dengan JavaScript, Frames, Cookies. Versi ini adalah versi pertama yang bisa dijalankan pada dua OS yaitu Windows dan MAC.
Tampilan Internet Eksplorer 2

Internet Explorer 3
   Internet Explorer 3 dirilis pada 13 Agustus 1996. Perkembangan yang terlihat dalam versi ini bisa memberikan fasilitas internet mail, news 1.0, kemampuan membuka gambar, juga memutar suara. Versi ini lebih maju dibanding versi sebelumnya, tidak heran setelah 6 jam dirilis sudah ada 32.000 undahan untuk versi ini. Satu minggu setelah dirilis pun sudah mencapain 1 juta unduhan. Versi ini adalah cikal bakal cascading style sheet atau CSS. Versi ini pun sekaligus menjadi puncak awal kejayaan dari Internet Explorer.
Tampilan Internet Eksplorer 3

Internet Explorer 4
  Internet Explorer 4 dirilis pada September 1997. Fitur tambahan pada versi ini adalah bisa mengaktifkan Active Desktop yang berguna untuk mengupdate news secara otomatis dan langsung muncul pada layar desktop komputer. 
Tampilan Internet Eksplorer 4

Internet Explorer 5
   Internet Explorer 5 dirilis pada 18 Maret 1999. Versi ini terdapat pengembangan tulisan kiri-kanan dan kanan-kiri, sehingga support untuk menjalankan text berbahasa arab dan bahasa ibrani. Selain itu, versi ini pun mendukung karakter rubi, seperti tulisan china dan jepang.
    Sejarah Internet untuk fitur XML HTTP REQUEST pun berawal dari versi ini. Para crew yang terlibat unruk mengembangkan versi ini sekitar 1.000 orang dan menelan biaya sekitar 100 juta USD per tahunnya. 
Tampilan Internet Eksplorer 5

Internet Explorer 6
  Internet Explorer 6 dirilis pada 27 Agustus 2001. Versi ini di paketkan dengan Windows XP pada versi ini sistem keamanannya pun lebih meningkat. Pada tahun 2005 pun para Developer Internet Explorer mengumumkan tidak akan ada Internet Explorer untuk OS Mac lagi.
Tampilan Internet Eksplorer 6

Windows Internet Explorer 7
  Tahun 2006 pamor Internet Exspoler mulai meredup, setelah 5 tahun meliris Internet Exsplorer 6. Pada tanggal 18 Oktober 2006 Internet Explorer versi 7 dirilis. Namanya pun berubah menjadi Windows Internet Explorer. Pengembangan versi ini adalah memperbaiki bugs, adanya kotak pencarian, feed reader, internasionalisasi nama domain, dan dukungan validasi sertifikat perluasan.
 Pada versi ini, pengaksesan internet juga lebih aman disertai dengan adanya fitur delete web histories untuk menghilangkan data pribadi yang telah kita masukkan. Versi ini juga support untuk mem-browsing HTML 2.0 yang sering digunakan untuk kegiatan sosial media dan bisnis.
Tampilan Internet Eksplorer 7

Windows Internet Explorer 8
  Internet Explorer 8 dirilis pada 19 Maret 2009. Versi ini menambahkan fitur InPrivate Browsing, Smart Screen Phising Protection, Web Slices, Accelelator, Automatic Tab Crash Recorvery, dan Inline Search yang berfungsi untuk mempercepat proes pencarian. Perbaikan pada JavaScript, RSS dan CSS yang bisa memenuhi kebutuhan Kompabilitas HTML 2.0.
Tampilan Internet Eksplorer 8

Windows Internet Explorer 9
  Windows Internet Explorer 9 adalah versi terkini peramban web Internet Explorer dari Microsoft. Internet Explorer 9 dirilis untuk umum pada 14 Maret 2011. Internet Explorer 9 mendukung beberapa properti CSS3, dan peningkatan performa JavaScript. Internet Explorer 9 juga mendukung tag video dan audio HTML5, serta Web Open Font Format. Microsoft meluncurkan Internet Explorer 9 sebagai versi baru yang tidak terikat dengan jadwal peluncuran versi Windows yang baru, tidak seperti sebelumnya. Pada versi ini Internet Explorer juga memanfaatkan akselerasi hardware directc  x 11 untuk meningkatkan performance aplikasi web dan kualitas topografi web.
    Kebutuhan spesifikasi untuk Internet Explorer 9 adalah sistem operasi Windows 7, Windows Server 2008 R2, Windows Vista Service Pack 2atau Windows Server 2008 SP2 dengan fitur Platform Update.Windows XP dan versi sebelumnya tidak didukung. Internet Explorer 9 adalah versi terakhir Internet Explorer yang mendukung Windows Vista.


Tampilan Internet Eksplorer



Windows Internet Explorer 10
   Project yang terakhir, Internet Explorer sedang mengembangkan versi 10. Yang diperkirakan support untuk Windows Vista, Seven, dan Windows 8. Versi ini sudah di luncurkan di las vegas, pada peluncuran itu project pengembangan Windows Internet Explorer 10 katanya hanya berlangsung selama 10 minggu. 


Sumber Tulisan dari

Sumber Gambar dari :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar