Selasa, 24 April 2012

Sejarah Mozilla Firefox

Awal Kemunculan Mozilla Firefox


  Blake Ross adalah pemuda jenius yang menciptakan Mozilla, fasilitas penjelajah internet. Mozilla diluncurkan untuk umum pada November 2004. Saat itu, usia Blake baru 19 tahun.
  Mozilla kemudian digabungkan dengan Firefox, program yang diciptakannya bersama Dave Hyatt. Maka, setelah itu, namanya menjadi Mozilla Firefox.

  Dengan cepat, Mozilla Firefox diterima para pengguna internet di dunia. Mozilla Firefox dinilai lebih aman dan mudah dipakai dibandingkan dengan para kompetitornya.

  Mozilla Firefox juga dinilai mampu merebut sebagian pasar fasilitas penjelajah internet, yang selama ini dikuasai oleh Microsoft Internet Explorer. 
Mozilla Firefox aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird
  Mozilla Firefox adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Versi 1.0-nya dirilis pada 9 November 2004.

  Dalam sejarahnya, Mozilla pada awalnya digunakan sebagai code name browser web Netscape Navigator. Jamie Zawinski, seorang pegawai Netscape Communications Corporation kemudian memberikan ide nama Mosaic killer

  Nama "killer" lebih popular diucapkan dengan kata "killa", yang kemudian berubah menjadi "illa". Kemudian digabungkan dengan Mosaic menjadi Moz+illa, dan Zawinski berharap dengan nama tersebut dapat menempatkan Mosaic menjadi browser yang popular. Mozilla adalah mascot dari Netscape Communications Corporation, yang dulunya dikenal dengan nama Mosaic Communications Corporation
  Maskot Mozilla ini memiliki beberapa bentuk termasuk astronot memakai helm atau spaceman, namun lambang mascot yang dipilih adalah gambar seperti monster fiksi klasik, Godzilla, yang didesain oleh Dave Titus tahun 1994. Mozilla merupakan fitur dari website Netscape, kemudian Mozilla berlanjut untuk digunakan di dalam Netscape, yang digambar di T-shirt untuk dipakai semua staff atau pekerja seni yang ada dikampus Netscpae, Mountain View,untuk browser-nya mozilla firefox memakai maskot serigala

   Mozilla identik dengan software gratis atau open source project yang dibuat ketika membuat Internet suite generasi berikutnya untuk Netscape. Mozilla Organization dibangun pada tahun 1998 untuk membuat Internet suite baru, dan kemudian menjadi Mozilla Foundation.

Kelebihan Mozilla Firefox
   Mozilla Firefox adalah sebuah browser yang nyaman dan mudah digunakan memiliki fitur canggih seperti integrated search toolbars and tabbed browsing. Kelebihan utama dibandingkan browsers lainnya, adalah
  • Ukuran aplikasi yang relative kecil
  • Mendukung berbagai jenis jalan pintas untuk aksi, baik yang berupa tombol pintasmisalnya Ctrl+T untuk membuka tab baru maupun gerakan mouse pintas (mousegesture).


Kelemahan Mozilla Firefox
Beberapa kelemahan Mozilla Firefox diantara lain :
  • Waktu proses halaman situs tertentu lebih lambat, diperkirakan karena masalah kompatibilitas atau kesesuaian antara pengkodean halaman situs dengan browser Mozilla Firefox Tidak terintegrasi dengan Outlook maupun Outlook Express, beberapa fasilitas e-mail tidak bekerja dengan baik, seperti melihat e-mail HTML maupun membuka link langsung dari e-mail di Outlook.
  • Tidak mendukung sinkronisasi dengan Pocket PC Windows dan sinkronisasi USB-cradle, misalnya untuk men-download web calendar. Terdapat perbedaan penampilan halaman situs, terlebih apabila halaman situs dirancang untuk menampilkan halaman tersebut dengan benar.
  • Instalasi plug-in tidak semudah pada Browser lain seperti IE misalnya untuk menginstal Flash Player, Shockwave, Java Virtual Matchine diperlukan instalasi secara manual(tidak otomatis). Firefox juga tidak mendukung instalasi aplikasi Microsoft secaraonline, misalnya aktivasi Microsoft Reader.
  • Beberapa formulir online tidak merespon penekanan tombol Enter sebagai jalan pintas untuk menekan tombol "submit" di layar. 


Mozilla Firefox Versi 3


  Mozilla Firefox 3 dirilis pada 17 Juni 2008 oleh Mozilla Corporation . Firefox 3 menggunakan versi 1.9 mesin tata letak Mozilla Gecko untuk menampilkan halaman web. Versi baru ini banyak perbaikan bug, meningkatkan kepatuhan pada standar, serta melaksanakan API web yang baru.  Fitur lainnya termasuk manajer download terbaru, sistem "Places" baru untuk menyimpan penanda halaman dan sejarah, serta tema-tema terpisah untuk sistem operasi berbeda. Versi terbaru di bawah 3.0 adalah Firefox 3.0.15.
  Pengembangan Firefox 3 mulai dari versi beta pertamaya (bernama kode 'Gran Paradiso') yang telah dikeluarkan pada 19 November 2007,  diikuti beberapa lagi rilis beta sepanjang musim semi tahun 2008 hingga diresmikan pada bulan Juni.  Ada 8 juta download unik untuk Firefox 3 pada hari keluarannya, sekaligus mencatat Rekor Dunia Guinness . 

Tampilan Mozilla Firefox 3.0


Mozilla Firefox Versi 3.5


   Versi 3.5, bernama kode Shiretoko ,  menambahkan berbagai fitur-fitur baru pada Firefox. Dari Firefox 3.1, pihak pengembang Mozilla mengganti nomor keluarannya ke 3.5, untuk mencerminkan lingkup perubahan yang lebih luas dari yang direncanakan pada awalnya. 
  
  Antara perubahannya termasuk kinerja lebih cepat hasil mesin JavaScript baru bernama TraceMonkey dan perbaikan tampilan  , serta dukungan untuk tag-tag <video> dan <audio> seperti yang ditakrikan dalam spesifikasi HTML 5 , yang bertujuan menyediakan permainan video tanpa halangan XMLHttpRequest (XHR) merentas situs yang memungkinkan aplikasi web lebih berkuasa dan cara yang lebih mudah untuk melaksanakan mashup , juga dilaksanakan dalam 3.5. Objek JSON global baru memiliki fungsi-fungsi natif untuk mensirikan dan menyahsirikan objek-objek JSON dengan efisien dan aman, seperti yang ditetapkan oleh rangka ECMAScript 3.1.  Dukungan pemilih CSS 3 penuh juga tersedia. 

   Firefox 3.5 menggunakan mesin Gecko 1.9.1 yang mencakup beberapa fitur-fitur yang tidak disertakan dalam rilis 3.0. Dukungan multi-touch juga ditambahkan ke dalam rilis ini, termasuk dukungan gerak isyarat seperti mencubit untuk memperbesar dan menyenggol untuk bertukar halaman ke belakang atau depan. Firefox 3.5 juga ditampilkan dengan logo baru. 

Tampilan Mozilla Firefox 3.5

Mozilla Firefox Versi 3.6


 Versi 3.6 (terbaru 3.6.13), atau nama kode Namoroka.  mulai dikembangkan pada 1 Desember 2008,  lalu di keluarkan pada 21 Januari 2010.  Rilis ini menggunakan mesin tata letak Gecko 1.9.2 yang baru.
  Fitur-fitur baru pada Firefox 3.6 termasuk dukungan tersedia untuk Persona (penghias toolbar), pemberitahuan plugin luput (Pemeriksaan tidak dilakukan dalam jendela add-on (tambahan), sebaliknya dalam situs Mozilla), memainkan video Theora secara layar penuh, dukungan untuk format font web terbuka WOFF ,  dan sistem plugin yang lebih aman, dan bermacam-macam lagi peningkatan kinerja.

Mozilla Firefox 3.6

  Setelah versi Firefox 3.6 Beta beberapa waktu yang lalu dikeluarkan oleh Mozilla, kini resmi diluncurkan Mozilla Firefox 3.6 Final yang mengalami beberapa perbaikan dan penambahan fitur. Adapun beberapa fitur baru dan perbaikan di Firefox 3.6:
  • Personas Bosan dengan tampilan standar? Kini Anda bisa dengan cepat mempercantik tampilan peramban Anda dengan hanya mengunjungi situs Personas. Cukup geser mouse ke tema untuk mencoba, kemudian klik untuk menggunakannya. Firefox rasa Batik dan sebagainya.
  • Pengecekan Plug-Ins Firefox sering crash? Versi plugin yang terlalu tua mungkin salah satu penyebabnya. Firefox 3.6 akan memperingatkan Anda jika versi plugin pada Firefox Anda sudah terlalu tua. Anda juga dapat mengeceknya langsung di situs pengecekan plugin Firefox.


Mozilla Firefox 3.6 Final



Perbedaan dan kelebihan Mozilla Firefox 3.5 dan 3.6

Fitur baru yang ditambahkan kebanyakan merupakan fitur yang sudah ditambahkan pada versi Firefox 3.6 Beta 2 antara lain:
  • dukungan untuk theme Personas
  • proteksi dari plugin kadaluarsa agar pengguna aman ketika browsing
  • dapat membuka video secara fullscreen
  • performa javascript meningkat, lebih responsive, waktu start up lebih cepat
  • perubahan pada bagaimana cara integrasi third-party software dengan Firefox untuk mencegah crash

Beberapa fitur baru lainnya dalam Firefox 3.5 adalah:
  • Engine Javascript baru untuk akses aplikasi web yang lebih cepat
  • Menampilkan video di halaman web tanpa membutuhkan plug-in
  • Modus browsing tersembunyi (Private Browsing)
  • Font yang bisa diunduh untuk halaman web
  • Teknologi geolocation yang memungkinkan halaman situs mengetahui lokasi fisik pengguna


Version 4.0



Firefox 4.0 memaparkan Wikipedia di Ubuntu.
   Dengan nama kode " Tumucumaque ", Firefox 4 dirilis pada 22 Maret 2011  , menampilkan antar muka pengguna yang serba baru.  Di samping fitur pemberitahuan yang terbarukan, pengumpulan tag,  tab aplikasi, manajer tambahan yang terbarukan,  integrasi dengan Firefox Sync ,  dan dukungan untuk tampilan multitouch . 
   Firefox 4 berdasarkan mesin Gecko yang menambah atau meningkatkan dukungan untuk HTML5 ,  CSS3 , WebM , dan WebGL . Selain itu, ia mencakup mesin JavaScript baru ( JägerMonkey ) dan API XPCOM yang lebih baik.

Tampilan Mozilla Firefox 4.0


Sumber Artikel :
http://forum.vivanews.com/software/335467-melihat-sejarah-lengkap-mozilla-firefox.html
http://do-on.blogspot.com/2010/10/mozilla-firefox-36.html
http://zixri.blogspot.com/
http://forum.vivanews.com/software/335467-melihat-sejarah-lengkap-mozilla-firefox.html


Sumber Gambar :
http://rudi4p.wordpress.com/tag/flock/
http://hasssan.web.id/tag/browser/
http://www.franco.web.id/2011/02/hanya-share-tampilan-beranda-mozilla.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar