Senin, 30 April 2012

Sejarah Search Egine (Yahoo!)


Pengertian Yahoo!

Yahoo! Inc. merupakan sebuah perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di Sunnyvale, California (tepatnya di Silicon Valley), yang menyediakan layanan internet secara global dan meliputi seluruh dunia. Perusahaan ini terkenal akan portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, iklan, pemetaan online (Yahoo! Maps), Yahoo! Video, dan website media sosial dan jasa.

Kantor Pusat Yahoo!
Yahoo dirintis oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan diresmikan sebagai badan hukum pada tanggal 1 Maret 1995. Pada tanggal 13 Januari 2009, Yahoo mengangkat Carol Bartz, mantan kepala eksekutif Autodesk, sebagai kepala eksekutif dan anggota dewan direksi Yahoo yang baru.

Pendiri Yahoo!
Jerry Yang & David Filo




Sejarah Yahoo!

Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark, ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Dua mahasiswa teknik tersebut hanya mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark, yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.
Pada bulan April 1994 tersebut, bookmark yang tadinya diberi nama Jerry and David’s Guide to World Wide Web diganti menjadi Yahoo!, yang mana berasal dari kata Yet Another Hierarchical Officious Oracle.
Domain yahoo.com dibuat pada tanggal 18 Januari 1995. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki oleh website mereka ini, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo diresmikan sebagai badan hukum.

Tampilan Yahoo! Tahun 1995

Seperti kebanyakan mesin pencari pada web, Yahoo pun diversifikasi menjadi portal web. Pada akhir 1990-an, Yahoo!, MSN, Lycos, Excite, dan portal web lainnya mengalami perkembangan yang sangat pesat yang menyebabkan masing-masing portal web berlomba untuk memperluas jangkauan layanan mereka agar para pengguna internet lebih lama singgah pada portal web mereka. Cara yang mereka lakukan adalah dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang bisa menyediakan servis yang mereka inginkan.



Akuisisi yang Dilakukan Yahoo!


08 Maret 1997
Yahoo mengakuisisi perusahaan komunikasi online Four11. Layanan webmail yang dimiliki oleh Four11, yaitu Rocketmail, diubah nama menjadi Yahoo! Mail.
13 Maret 1998
Yahoo mengakuisi ClassicGames.com dan mengubahnya menjadi Yahoo! Games.
08 Maret 1998
Yahoo meluncurkan Yahoo Pager, layanan pesan instan yang kemudian berubah nama menjadi Yahoo! Messenger.
28 Januari 1999
Yahoo mengakuisisi penyedia web hosting GeoCities.
28 Juni 2000
Yahoo Mengakuisisi eGroups, yang kemudian menjadi Yahoo! Groups. 
Desember 2002
Yahoo mengakuisisi Inktomi Corporation. 
Juli 2003
Yahoo mengakuisi Overture Services. Inc dan anak perusahaan AltaVista dan AlltheWeb.
09 Juli 2004
Yahoo mengakuisisi penyedia layanan surat elektronik (email) Oddpost untuk menambah kemampuan Ajax pada Yahoo! Mail.
Februari 2005
Yahoo mengakuisi Konfabulator dan mengganti namanya menjadi Yahoo! Widgets.
09 Februari 2005
Yahoo juga melakukan akuisisi untuk meningkatkan layanannya pada layanan Web 2.0. Yahoo! Launchcast menjadi Yahoo! Music.
20 Maret 2005
Yahoo membeli layanan berbagi foto, Flickr.
29 Maret 2005
Perusahaan ini meluncurkan layanan Blogging dan Jaringan Sosial Yahoo! 360°.
Juni 2005
Yahoo mengakuisisi blo.gs, layanan berdasarkan agregasi RSS feed
04 Oktober 2005
Yahoo kemudian membeli kalender acara sosial online Upcoming.org 
09 Oktober 2005
Yahoo juga mengakuisisi del.icio.us
09 Januari 2006
Toko musik online Webja yang akhirnya menjadi Yahoo! Music.
17 Januari 2006
Yahoo mengakuisisi SearchFox, sebuah web mesin pencari, untuk meyempurnakan Yahoo! Search.
27 September 2006
Yahoo mengakuisisi Jumpcut.com dan mengubahnya menjadi Yahoo!   Video.
17 November 2006
Kenet Works diakusisi oleh Yahoo untuk membuat Yahoo! Mobile.
29 April 2007
Yahoo mengakusisi Right Media sebuah penyedia jasa iklan online, yang kemudian berganti nama menjadi Yahoo! Search Marketing.
14 September 2007
BuzzTracker pun diakusisi demi menciptakan Yahoo! News.
25 Mei 2010
Koprol, sebuah jejaring sosial asli Indonesia pun tidak luput dari akusisi.
Yahoo mengakuisi Maven Networks dan Xoopit, masing-masing untuk meningkatkan pelayanan Yahoo! Video dan Yahoo! Mail


Produk dan Layanan Yahoo!

Mode Pencarian
Yahoo memiliki sejumlah layanan mode pencarian, antara lain Yahoo! Image, Yahoo! Video, Yahoo! Local, Yahoo! News, dan Yahoo! Shopping Search


Salah satu layanan mode pencarian yang dimiliki Yahoo!
Yahoo! Shopping


Yahoo! News


Komunikasi
Yahoo menyediakan layanan internet dalam bidang komunikasi, antara lain Yahoo! Messenger dan Yahoo! Mail. Selain itu, Yahoo juga menawarkan layanan jejaring sosial dan user-generated content seperti My Web, Yahoo! Personals, Yahoo! 360°, Delicious, Flickr, dan Yahoo! Buzz.


Layanan Yahoo! dalam Bidang Komunikasi

Yahoo! Massenger



Layanan Yahoo! dalam bidang Jejaring Sosial

Yahoo! Buzz


Flickr



Konten 
Yahoo! bekerja sama dengan banyak penyedia konten dalam produk seperti Yahoo! Sports, Yahoo! Finance, Yahoo! Music, Yahoo! Movies, Yahoo! News, Yahoo! Answer dan Yahoo! Games untuk menyediakan konten media dan berita. Yahoo juga menyediakan layanan personalisasi, My Yahoo!, yang mana memungkinkan pengguna untuk menggabungkan fitur Yahoo! favorit mereka, isi konten dan informasi ke dalam satu halaman. Pada tangal 31 Maret 2008, Yahoo meluncurkan Shine, sebuah situs yang dirancang untuk wanita usia 25 sampai 54 tahun untuk mereka mencari informasi dan saran secara online.

Salah satu Konten Yahoo!


Mobile
Yahoo! Mobile menawarkan layanan on-the-go messaging, seperti email, instant messaging, dan mobile blogging; layanan informasi, pencarian dan pengingat, hiburan, nada dering, dan Yahoo! Foto untuk ponsel berkamera. Yahoo juga memperkenalkan sistem pencarian, yang disebut oneSearch pada tanggal 20 Maret 2007, yang dikembangkan khusus untuk ponsel. 


Perdagangan
Yahoo! menawarkan layanan perdagangan seperti Yahoo! Shopping, Yahoo! Autos, Yahoo! Real Estates, dan Yahoo! Travel, yang memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan informasi yang relevan dan melakukan transaksi komersial dan pembelian online. Selain itu, Yahoo juga menawarkan e-commerce platform yang disebut Yahoo Merchant Solutions (juga dikenal dengan Yahoo! Store). Yahoo! Auctions sendiri telah dihentikan pada tahun 2007, kecuali untuk bagian Asia.

Salah satu layanan yang disediakan yahoo dalam fitur perdagangan



Usaha Kecil
Yahoo menyediakan layanan seperti Yahoo! Domain, Yahoo! Web Hosting, Yahoo! Merchant Solutions, Yahoo! Business Email, dan Yahoo! Store untuk pemilik usaha kecil dan profesional yang memungkinkan mereka untuk membangun sendiri toko online dengan perangkat yang dimiliki oleh Yahoo. Yahoo juga menawarkan HotJobs untuk membantu pencari tenaga kerja untuk menemukan tenaga kerja yang mereka cari.

Yahoo! HotJobs layanan yang disediakan Yahoo! untuk mencari tenaga kerja


Periklanan
Yahoo! Search Marketing dan Yahoo! Publisher Network merupakan layanan dari Yahoo! untuk menerbitkan/menempatkan iklan yang relevan. Pada tanggal 5 Februari 2007, Yahoo meluncurkan sebuah sistem penjualan iklan di internet baru, yang disebut Panama. Melalui Panama, Yahoo bermaksud untuk memberikan hasil yang pencarian yang relevan bagi pengguna, pengalaman yang lebih baik. dan pada tanggal 7 April 2008, Yahoo mengumumkan APT dari Yahoo!, yang awalnya bernama AMP. APT merupakan sebuah platform manajemen iklan online. Platform ini bertujuan untuk menyederhanakan penjualan iklan dengan menyatukan pembeli dan pasar penjual


Salah Satu Layanan dari Yahoo! dalam bidang Periklanan



Yahoo! Next
Yahoo! Next merupakan inkubasi dasar dari masa depan teknologi Yahoo yang mana kini sedang dalam tahap pengujian beta. Yahoo! Next berisi forum pengguna Yahoo di mana pengguna Yahoo dapat memberikan umpan balik untuk membantu pengembangan.

Yahoo! BOSS
Yahoo! Search BOSS adalah layanan yang memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi pencarian berdasarkan teknologi pencarian Yahoo. Mitra awal dalam program ini adalah Hakia, Me.dium, Delver, Daylife, dan Yebol.

Beberapa Mitra awal dalam Yahoo! Boss




Yahoo! Meme


Yahoo! Meme merupakan layanan sosial beta, mirip dengan jejaring sosial populer Twitter dan Jaiku.


Yahoo! Koprol


Yahoo! Koprol merupakan jejaring sosial Indonesia berdasarkan lokasi seperti pada GPS tanpa adanya alat GPS.

Tampilan Yahoo! Koprol


Layanan Yahoo! yang ditutup

Geocities


Merupakan layanan hosting web populer yang didirikan pada tahun 1994. Yahoo mengakuisisi Geocities pada tahun 1999. Sepuluh tahun kemudian Yahoo menutup Geocities dan menghapus jutaan halaman web. Banyak informasi yang hilang karena penghapusan tersebut, namun banyak dari situs dan halaman web ini yang bisa dilihat di OOcities.com.

Yahoo! 360°
Merupakan blogging yang populer/layanan jejaring sosialbeta yang diluncurkan pada Maret 2005 oleh Yahoo dan ditutup pada tanggal 13 Juli 2009.

Yahoo! Mash Beta


Merupakan layanan sosial lainnya yang ditutup setelah satu tahun beroperasi sebelum meninggalkan status beta.


Yahoo! Photos
Ditutup pada tanggal 20 September 2007, yang diintegrasikan dengan Flickr.


Yahoo! Tech


Adalah situs web yang menyediakan informasi dan saran pengaturan produk untuk pengguna. Yahoo meluncurkan layanan ini pada Mei 2006. Pada tanggal 11 Maret 2010, Yahoo menutup layanan ini dan mengarahkan pengguna untuk melihat bagian berita teknologi Yahoo saja.

Layanan lainnya yang dihentikan oleh Yahoo, di antaranya adalah Farechase, My Web, Audio Search, Pets, Live, Kickstart, Briefcase, Yahoo! for Teachers, dan Yahoo! Go.

Beberapa layanan yang ditutup oleh Yahoo!

Ferechase


Yahoo! for Teachers


Kelebihan YAHOO

  • Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
  • Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
  • Fiturnya yang komplit.
  • Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas

Kekurangan YAHOO

  • Loadingnya membutuhkan waktu yang lama
  • Tampilan terlalu maximalis
  • Software pendukungnya masih kurang.





Pendiri Yahoo!

Jerry Yang


Jerry Yang Chih-Yuan (lahir 6 November 1968) adalah pengusaha berdarah Amerika-Taiwan, pendiri Yahoo! Inc 
Dilahirkan di ibu kota Taipei, Taiwan pada 6 November 1968, Yang pindah ke San Jose, California pada usia sepuluh tahun, bersama ibu dan saudara lelakinya. Ayahnya meninggal ketika Yang berusia dua tahun. Jerry Yang menguasai bahasa Inggris hanya dalam tiga tahun, dia kemudiannya diletakkan dalam kelas Advanced Placement Program (AP).
Yang menamatkan Sekolah pertama di Sierramont, dan Sekolah Menengah Piedmont Hills, dan seterusnya menerima Ijazah Sains (B.S.) dan Ijazah Lanjutan Sains (M.S.) dalam jurusan eletrik dari Universitas Stanford, di mana dia merupakan ahli fraterniti Phi Kappa Psi.
Bersama dengan David Filo, ia mendirikan Yahoo! inc. Jerry yang menjabat sebagai Kepala Pegawai Eksekutif untuk perusahaan tersebut. Ia juga merupakan salah satu dari dua Ketua Yahoo! dan dewan direksi.
Pada tahun 2007, kekayaannya diperkirakan bernilai 2,2 Milyard dolar AS ditempatkan sebagai orang yang ke-432 terkaya di dunia, menurut majalah Forbes.
Awal tahun 2012, Jerry Yang akhirnya meninggalkan Yahoo, perusahaan yang didirikannya sejak 1995. Ia meninggalkan Yahoo sepenuhnya, tidak ada lagi posisi yang dipegangnya di sana, termasuk kursinya di dewan direksi. Hal ini dilakukan hanya dua minggu setelah Yahoo memilih CEO baru, Scott Thompson. Ia memiliki 3,69 persen saham Yahoo, sedangkan David Filo yang juga pendiri Yahoo memiliki 6 persen. Jumlah itu berdasarkan data April-Mei 2011.




David Filo
Filo lahir di Wisconsin pada tanggal 06 April 1996. Pada usia 6, ia pindah ke Moss Bluff. Dia lulus dari Sekolah Tinggi Sam Houston dan kemudian memperoleh gelar BS di Teknik Komputer dari Universitas Tulane (melalui Beasiswa Kehormatan Dean ) dan gelar MS dari Stanford University.
Pada tahun 2011, diperkirakan kekayaan filo $ 1,4 miliar, dengan peringkat 879 orang kaya di dunia. Sebagai seorang filantropis, pada tahun 2005 ia menyumbangkan $ 30 juta untuk almamaternya, Tulane University. Filo pun menikah dengan fotografer dan guru Angela Buenning.




Sumber Artikel :


Sumber Gambar :


http://www.actualtools.com/articles/detail.php?ID=889




2 komentar:

  1. Easily Increase Your ClickBank Banner Traffic And Commissions

    Bannerizer makes it easy for you to promote ClickBank products using banners, simply go to Bannerizer, and grab the banner codes for your chosen ClickBank products or use the Universal ClickBank Banner Rotator Tool to promote all of the ClickBank products.

    BalasHapus